Artikel


Memerangi Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Penulis: dr. Indria Esti Pawening

RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga

Kerabat paru,tinggal di kota besar atau metropolitan, membuat Anda perlu memberikan perhatian ekstra pada kesehatan kulit. Seiring bertambahnya usia, maka proses regenerasi kulit akan semakin melambat. Bayangkan jika hal tersebut turut ditambah dengan tingkat polusi yang tinggi, stres, dan kualitas udara yang buruk. Maka tidak heran jika kerutan halus dan rona kusam sudah mulai muncul sebelum waktunya.Jika  Anda masih bingung memilih perawatan antiaging , terutama saat memasuki usia 30 tahun, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan dari dalam tubuh, yaitu memilih asupan yang tepat untuk memerangi penuaan dini. Apalagi asupannya sudah pasti Anda suka. Berikut adalah bahan bahan di sekeliling kita yang dapat membantu mencegah penuaan dini, yaitu:

  1. AIR, AIR DAN AIR

Hidrasi adalah cara pertama yang paling mudah dan murah untuk Anda lakukan. Pentingnya asupan air pada tubuh, tidak hanya akan memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, namun air juga membantu pencernaan, sirkulasi, penyerapan dan bahkan ekskresi. Jika kulit Anda tidak mendapatkan jumlah air yang cukup, maka kulit Anda akan mudah menjadi kering, tidak kencang dan bersisik. Kulit kering ini yang membuat lebih rentan kerutan.

  1. ALPUKAT PENINGKAT ELASTISITAS

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin A dan C, serta serat. Sehingga, membuat buah ini menjadi makanan sehat yang hampir sempurna untuk meningkatkan elastisitas kulit Anda dan melawan penuaan kulit. Penggunaan alpukat untuk antiaging bisa dalam bentuk dimakan langsung atau dibuat masker .Alpukat juga merupakan bahan umum dalam masker wajah buatan sendiri. Namun yang harus diperhatikan,  Masker dengan alpukat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat  oleh karena itu hindari penggunaan alpukat jika Anda rentan berjerawat.

  1. TOMAT

Tomat adalah sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama termasuk lycopene. Beta-karoten, lutein dan lycopene telah terbukti melindungi kulit terhadap kerusakan dari matahari dan juga dapat membantu mencegah kerutan. Sehingga tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung semua karotenoid utama. Penggunaannya bisa dengan dimakan langsung atau dibuat masker.

  1. Lidah Buaya

Sudah banyak skin care yang menambahkan lidah buaya pada produknya karena manfaat dari lidah buaya. Tentu saja penggunaan lidah buaya alami baik bagi kulit. Tanaman yang satu ini efektif untuk mengobati jerawat dan mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit. Namun, selain itu asam malat pada gel di dalam tanaman lidah buaya dapat meningkatkan elatisitas kulit dan mengurangi keriput dan garis halus tanda penuaan. Kandungan seng juga dapat meningkatkan keremajaan kulit dengan mengecilkan pori-pori. Kamu bisa langsung mengambil gel dari dalam lidah buaya untuk dioleskan pada wajah. Pijat selama 10 menit dan tinggalkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Referensi: dari berbagai sumber

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Artikel

  • NUTRISI SEIMBANG SAAT PUASA RAMADHAN NUTRISI SEIMBANG SAAT PUASA RAMADHAN
    April 15th, 2021 by
    Oleh Vitta Galih Ariacita, S.Gz Puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat puasa (Abdul Wahid, Ramli, 2017). Puasa Ramadhan merupakan