Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Artikel


Mengatasi Insomnia Secara Alami

WWS-Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia – Pada jaman modern ini manusia dihadapkan pada suatu masalah baru yaitu kesulitan tidur. Masalah ini digolongkan sebagai penyakit yang bernama insomnia. Sudah banyak orang yang menanggung masalah ini di berbagai belahan dunia. Insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain faktor psikologis, stress, maupun kebiasaan hidup yang buruk. Walaupun demikian, insomnia dapat disembuhkan tanpa mengkonsumsi obat. Ada berbagai cara mengatasi insomnia secara alami.

Pertama biasakanlah diri untuk berolahraga secara rutin. Anda dapat mengambil jenis-jenis aktivitas olahraga  yang tidak terlalu menguras fisik.  Jenis olahraga yang dapat dilakukan misalnya bersepeda, lari pagi, bermain sepak bola, atau olahraga kesukaan anda. Pastikan anda berkeringat dan mendapatkan rasa lelah. Lakukanlah minimal 30 menit setiap hari secara konsisten. Selain membantu anda untuk melatih otot, kegiatan ini juga akan membuat anda lelah di malam hari sehingga anda akan lebih mudah tertidur. Tapi jangan mengambil latihan dua jam sebelum tidur.

Selanjutnya biasakanlah untuk hidup sehat dengan memperhatikan lagi berbagai zat yang anda konsumsi. Kurangi merokok, atau kalo bisa hentikan kebiasaan merokok menjelang tidur, karena merokok akan membuat anda lebih terjaga. Stop minum minuman beralkohol, kebanyakan konsumsi alkohol memungkinkan anda sakit kepala, sehingga sulit untuk memudahkan otak anda tertidur. Jangan lupa untuk menghindari minum kopi sebelum tidur.

Selain itu ciptakanlah rutinitas yang disiplin, seperti bangun sebelum pukul 7.30 dan tidur sebelum pukul 11.30. Awalnya memang sulit menerapkan kebiasaan ini, tapi lama-kelamaan tubuh anda akan menyesuaikannya. Jika anda mandi pada sore atau malam hari cobalah memakai air panas atau air hangat. Ini dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh secara signifikan. Efek sirkulasi darah yang bagus adalah membuat anda lebih rileks dan kualitas tidur lebih baik.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia tanpa mengkonsumsi obat. Anda dapat mencobanya tanpa menguras isi kantong. Jika semua metode diatas sama sekali tidak mengubah penyakit susah tidur anda, maka sudah saatnya anda memerlukan penanganan dokter. Ini berarti anda mengidap insomnia serius.

 

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel