Artikel


Mengenal Penyakit Gondok

Pemeriksaan Fisik
Perlu pemeriksaan leher depan untuk memilah kasus bedah/bukan. Bila pada pemeriksaan ada nodul (benjolan), maka perlu diidentifikasi karakternya. Karakter nodul bedah (surgical nodules) meliputi ; nodul cepat membesar walau jinak, atau nodul berciri ganas yang berciri tumbuh cepat, keras, batas tak jelas, permukaan tak rata, nodul tunggal pada tiroid ukuran normal/struma difusa, terfiksasi/melekat pada sekitarnya, pembesaran kelenjar limfe, suara serak, tanda pendesakan, atau tanda penyumbatan (saluran nafas/pembuluh darah).

pengobatan gondok

Pemeriksaan seluruh tubuh meliputi temuan tanda metastases jauh, hiper-/hipotirnoidi maupun penyakit penyerta (komorbid). Disamping itu dokter membutuhkan pemeriksaan penunjang untuk menetapkan langkah penanganan pasien. Misalnya pemeriksaan laboratorium dan pemindaian.

Pengobatan
Keberhasilan pengobatan gondok sangat tergantung pada kerjasama dokter dan pasien. Hal ini disebabkan karena gangguan kelenjar tiroid amat beragam, ada yang membutuhkan perhatian selama hidup, ada yang harus dioperasi/tindakan lain pada nodul jinak. Salah satu cara untuk mewujudkan kerjasama ini adalah memberi pengetahuan tentang penyakit gondok, bagaimana dapat terjadi, langkah-langkah medis yang mungkin dialami, serta nasib perjalanan penyakit di kemudian hari.

Beberapa jenis pengobatan meliputi ; Medikamentosa, Aspirasi Kista, Skleroterapi, Operasi, dan Radiasi. Juga sudah dikenal obat-obat herbal sebagai penunjang terapi hipertiroidi: Lycopus virginica, Mellisa officinalis, Equisetum arvense dan Avena sativa; penunjang terapi hipotiroidi: Fucus vesiculosis, Coleus forskohlii.

Untuk penyakit-penyakit tertentu dapat diterapkan kombinasi jenis terapi menurut dokter yang merawat atau tim dokter. Pendekatan holistik diperlukan untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, emosional yang dapat mendasari penyebab-penyebab gondok diatas sehingga dapat memperparah keadaan.

Pencegahan
Pencegahan dilakukan dengan mengatasi factor-faktor penyebab nomor 2,5,6,9,10 diatas. Usahakan memakai bahan-bahan makanan sehat alami untuk menghindari konsumsi zat-zat TDC (thyroid disruptive chemicals). Pada masa puber/hamil perlu asupan cukup nutrisi yang dibutuhkan kelenjar tiroid, untuk mencegah gondok sebagai kompensasi. Yang tak kalah penting adalah menyebarkan pengetahuan tentang gondok kepada masyarakat sekitar terutama pada penderita. ( PERFECT / Edisi Perdana / 2011 )

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.