Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Artikel


Waspadai Keputihan Pada Kaum Wanita

Keputihan adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap wanita. Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan, baik wanita yang menginjak usia remaja, dewasa, ibu hamil, wanita yang menginjak usia menopause, bahkan bayi yang baru dilahirkan.

Keputihan dikatakan lumrah jika terjadi keputihan yang normal. Pada keputihan normal terdapat cairan bening, tidak berbau, dan tidak berwarna yang dihasilkan oleh vagina.

Cairan tersebut berfungsi melindungi vagina agar bebas dari bakteri dan mengurangi gesekan pada dinding vagina saat melakukan hubungan seksual. Namun, kita perlu waspada ketika keputihan tersebut menjadi tidak normal.

Tanda-tanda keputihan tidak normal, antara lain cairan menjadi lebih banyak, berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, gatal-gatal di daerah vagina, dan keluar nanah. Jangan menganggap remeh keputihan tidak normal karena dapat menyebabkan kemandulan dan penyakit kanker.

Keputihan tidak normal akan menjadi lebih parah jika dibiarkan begitu saja. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi keputihan :

1.    Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan rendah gula.

2.    Menjaga kebersihan pribadi (personal hygiene), terutama organ reproduksi.

3.    Menggunakan pakaian dalam yang bersih dan berbahan katun. Apabila pakaian dalam sudah lembap, segera mengganti pakaian dalam yang lembap dengan pakaian dalam yang bersih.

4.    Rajin mengganti pembalut ketika sedang menstruasi.

5.    Membasuh vagina bagian luar dengan pembersih khusus vagina.

6.    Mengkonsultasikan dengan dokter spesialis kandungan.

 

Oleh : Priscilia _RS_Paru_dr_Ario_Wirawan

1 Comment to “Waspadai Keputihan Pada Kaum Wanita”

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel