Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


50 Pegawai RSPAW Ikuti Tes EBA

Salatiga (28/3). Rumah Sakit Paru dr.Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga melakukan tes EBA (Executive Brain Assessment) bagi para pejabat Struktural dan Manajerial dengan total 50 peserta di Aula Asma Gedung Asma Lt3 Salatiga. dr. Juli Purnomo,Sp.P. MPH mewakili Direktur Utama menyampaikan rasa terimakasih kepada Tim Pusat Analisis dan Determinan Kesehatan (PADK) Kemenkes RI atas kesempatan yang diberikan kepada RSPAW untuk melakukan tes EBA, yang dapat menunjang tercapainya tujuan organisasi dengan mengetahui kemampuan integritas pegawai.

Menanggapi Gerakan Nasional Revolusi Mental oleh Presiden RI,Joko Widodo, Menteri Kesehatan RI telah mengambil langkah pencanangan dalam mendukung program tersebut pada 14 September 2015. Ditegaskan bahwa 3  nilai utama yaitu integritas, kerja keras dan gotong royong menjadi budaya kerja di semua Unit Pelaksana Teknis,  melakukan manajemen perubahan dalam pelayanan yang cepat, tepat dan bersahabat.

Setiap institusi dituntut memiliki sistem manajemen dan peningkatan integritas yang memadai sesuai kebutuhan, namun penilaian tersebut membutuhkan biaya tinggi sehingga tidak semua pegawai dapat dinilai potensi integritasnya. Untuk terselenggaranya penilaian potensi integritas yang efektif dan efisien dalam sisi  pembiayaan dan pelaksanaan, Kemenkes melakukan inovasi melalui tes EBA. Hasil pemeriksaan EBA menjadi dasar upaya peningkatan kemampuan eksekutif otak yang berhubungan langsung dengan kapabilitas dan integritas dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi pekerjaan individu dalam mencapai tujuan organisasi.

Tim PADK yang diwakili oleh dr.Lenny Evanita,MM memaparkan bahwa hasil test EBA dapat digunakan sebagai dasar perencanaan peningkatan kapabilitas melalui internalisasi Revolusi Mental bidang kesehatan secara berkesinambungan di tempat kerja, mulai pembentukan agen perubahan, role model kepemimpinan perubahan serta transformasi perubahan berkesinambungan melalui kegiatan consulting, team building, training, coaching, mentoring, konseling dan lainnya.

Hasil penilaian ini secara sitematis dapat memberikan “potret” kekuatan SDM , menjadi dasar kuat dalam menyusun dan mengevaluasi langkah strategis pengembangan organisasi.

Berharap, hasil penilaian terhadap 50 pegawai ini benar- benar bermanfaat bagi pimpinan dalam perubahan manajemen SDM agar sesuai dengan kompetensi masing-masing, sehingga pelayanan semakin baik dan optimal.

(humas_rspaw)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel