Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Bersama Membasmi TB

“ Bersama Membasmi TB Pada Tahun 2050 “ inilah tema yang diusung pada Hari Tuberkulosis Dunia tahun ini. Mengingat TB merupakan persoalan yang sederhana tetapi kompleks dan jumlah penderita TB semakin meningkat, maka RS Paru dr. Ario Wirawan mengajak semua pihak untuk ikut bertanggung jawab membasmi TB dan peduli terhadap penderita TB.

Salah satu bentuk kepedulian RS Paru dr. Ario Wirawan adalah dengan mengadakan kegiatan akbar berupa Jalan Sehat dan Lomba Poster pada Minggu, 8 April 2012. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Dunia ( TB Day ) yang diperingati setiap tanggal 24 Maret dan Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap tanggal 7 April.

Kegiatan Jalan Sehat tersebut diikuti sekitar 800 peserta, di antaranya karyawan, pensiunan, Dharma Wanita RS Paru dr. Ario Wirawan; perwakilan SMA / SMK sekota Salatiga, Dinkes Salatiga, Pemkot Salatiga, Puskesmas Salatiga, Puskesmas Getasan, Puskesmas Suruh, rumah sakit pemerintah dan swasta di Salatiga, BPKPM Salatiga, PMI Salatiga, Dokkes Polres Salatiga, Organisasi Profesi, Sanggar Senam, dan warga sekitar RS Paru dr. Ario Wirawan.

Dalam sambutannya, dr. Mohammad Syahril, Sp.P selaku Direktur Utama RS Paru dr. Ario Wirawan menyampaikan bahwa saat ini sebanyak 2% penderita TB sudah kebal terhadap obat TB dan penderita TB rentan sekali tertular HIV. Hal ini yang menjadi sumber penularan tertinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, dr. Sovie Haryanti, M.Kes, menambahkan bahwa kita tidak boleh diskriminatif dan mengucilkan penderita TB. Justru motivasi dan support dari kita yang dibutuhkan mereka.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Anung Sugihantono, M.Kes yang turut hadir dalam kegiatan ini, ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk mengeliminasi angka TB, antara lain :
1. Pencegahan, yaitu dengan memberikan imunisasi BCG pada bayi baru lahir, membiasakan diri untuk hidup bersih, dan menjaga kondisi badan dengan olahraga teratur dan makan makanan bergizi.
2. Penemuan, yaitu dengan mengenal gejala TB seperti batuk lebih dari 2 minggu dan tidak sembuh – sembuh ( berdahak maupun tidak berdahak ), berat badan tidak bertambah bahkan menurun, dan demam. Jika mengalami gejala ini, segera lakukan pemeriksaan dahak.
3. Pengobatan secara gratis dan utuh bagi penderita positif TB, kecuali jika diperlukan pemeriksaan lanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menjelaskan pula bahwa kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia yang pada tahun ini mengusung tema “ Usia Lanjut yang Sejahtera “. Dalam hal ini Komisarian Cabang Lansia diharapkan dapat mendorong agar Lansia tetap sehat dan produktif meskipun dalam keadaan lanjut. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggiatkan Posyandu Lansia.

Di penghujung kegiatan akbar ini dilakukan pembagian doorprize dan pengumuman pemenang Lomba Poster yang bertema “ Aku Ingin Dunia Bebas Dari TB “. Berikut ini 6 pemenang Lomba Poster dari 70 peserta yang mengikuti lomba tersebut :
1. Danang Adi Wiratama
2. Ike Damayanti
3. Joannita Ratih W
4. Arifah Ida Nuryani
5. Clara Ajeng Palupi
6. Gusti Reynaldi C

Selamat kepada para pemenang! Partisipasi dari generasi muda ini diharapkan dapat menjadi modal awal dalam mengeliminasi TB di Indonesia, khususnya di Kota Salatiga.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel