Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS

Pada Tahun 2012 jumlah PNS di Indonesia mencapai puluhan juta orang, khususnya di lingkungan Kementerian Kesehatan mencapai sekitar 51.500 orang. Jumlah PNS yang sangat banyak ini tentu saja mempunyai sikap dan perilaku yang berbeda-beda untuk masing-masing PNS. Ada PNS yang bersikap dan berperilaku patut atau sesuai dengan martabat PNS. Namun, tidak jarang pula PNS bersikap dan berperilaku tidak sesuai dengan martabat PNS, misalnya PNS belanja untuk kepentingan pribadi pada jam kerja, PNS tidak masuk kerja lebih dari 5 hari tanpa izin, PNS tersangkut kasus pidana, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sikap dan perilaku PNS diatur dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS yang merupakan pembaharuan dari PP Nomor 30 Tahun 1980.

PP Nomor 53 Tahun 2010 sebenarnya telah diundangkan sejak tanggal 6 Juni 2010, tetapi masih perlu dilakukan sosialisasi tentang PP ini. Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 dilaksanakan di RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga oleh dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS selaku Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes R.I pada tanggal 28 Mei 2012. Dalam sosialisasi ini Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes R.I memaparkan berbagai kewajiban PNS, larangan PNS, dan hukuman disiplin bagi PNS yang melanggar ketentuan.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenkes R.I menegaskan bahwa pemberlakuan PP Nomor 53 Tahun 2010 dimaksudkan agar kedisiplinan PNS semakin meningkat sehingga tupoksi PNS dapat berjalan dengan lancar dan kinerja PNS semakin meningkat pula. Apabila terjadi pelanggaran disiplin, maka dapat segera mengambil keputusan untuk menjatuhkan hukuman disiplin terhadap PNS yang bersangkutan.

Satu hal terpenting yang perlu diingat bahwa diperlukan komitmen bersama yang dimulai dari kesadaran diri dari masing-masing pribadi PNS dalam menerapkan Disiplin PNS, bukan semata-mata karena ancaman hukuman disiplin. Dengan demikian, melalui Disiplin PNS dapat terwujud reformasi birokrasi dan Good Governance di bumi pertiwi Indonesia.

Kewajiban PNS

Larangan PNS

Hukuman Disiplin PNS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel