Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Gedung Rawat Inap TB Resisten Obat RSPAW Salatiga Resmi Dibuka

Salatiga (7/4) – TB resisten obat adalah penyakit TB yang disebabkan mycobacterium tuberculosis yang sudah mengalami kekebalan terhadap OAT. Untuk mendiagnosis dan mengevaluasi pengobatan kasus TB-MDR pada program DOTS plus diperlukan penanganan dan perawatan khusus. Upaya ini merupakan salah satu cara mempercepat pemutusan mata rantai penularan TB seperti yang ditargetkan dalam Target Pembangunan Milenium (MDG). Seperti diketahui, selama ini pasien TB-MDR, terutama di Salatiga dan sekitarnya, selalu datang ke RS Paru dr. Ario Wirawan (RSPAW) sebagai rumah sakit rujukan paru di Jawa Tengah. Hal ini karena hanya di rumah sakit inilah terdapat poliklinik yang khusus menangani pasien-pasien TB, yang mendasari RSPAW untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan menambah ruang perawatan pasien TB resisten obat.

Bersamaan dengan Hari Kesehatan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April  dan sebagai  puncak acara peringatan Hari TB Sedunia  tahun 2017, RSPAW meresmikan Gedung Rawat Inap TB Resisten Obat. Pengguntingan pita sebagai tanda peresmian dilakukan oleh Pj. Wali Kota Salatiga, Achmad Rofai didampingi     dr. Suryo Purhananto, M.Kes selaku Direktur Utama RSPAW, Ka. Dinkes Prop. Jateng dan Kota Salatiga serta para tamu undangan,  yang dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang kebijakan dan sistem pelayanan TB-MDR dengan pembicara Ka. Subdit TB Kemenkes, dr. Asik Surya, MPPM dan Kabid P2TB  Dinkes Prop. Jateng, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes.

Kemeriahan dan kegembiraan mewarnai acara yang digelar RS Paru dr. Ario Wirawan hari ini. Sebelum acara peresmian Gedung Rawat Inap TB Resisten Obat dan FGD, serangkaian acara pendukung antara lain sepeda santai, senam sehat, konsultasi gizi serta pembagian hadiah untuk para pemenang lomba melukis dan penyuluhan kesehatan (5/4) dilaksanakan  di halaman RSPAW  (7/4).

 


Instalasi Humas & Pelayanan Pelanggan

RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga
Jl. Hasanuddin No. 806
Salatiga, Jawa tengah, Indonesia
Phone : 0298-326130
Fax     : 0298-322703

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel