Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


“Lebih Baik dan Membanggakan” dengan Pelatihan Customer Excellence

Daya saing rumah sakit tidak hanya terletak pada kemegahan gedung, kelengkapan fasilitas, dan kecanggihan teknologi. Namun, daya saing rumah sakit justru terletak pada sumber daya manusia ( SDM ) yang memberikan pelayanan kepada pelanggan ( pasien ). Pelayanan prima ( service excellence ) dilakukan untuk memberikan rasa puas, memberikan perhatian, dan merespons keinginan pasien sehingga menimbulkan kesan positif dari pasien dan tidak beralih ke rumah sakit lain. Oleh karena itu, pelayanan prima harus didukung oleh kwalitas SDM yang mampu mengidentifikasi pasien, mengenali kebutuhan pasien, menangani keluhan pasien, dan berkomunikasi efektif.

Sebagai upaya meningkatkan kwalitas SDM dalam memberikan pelayanan prima, RS Paru dr. Ario Wirawan menyelenggarakan Pelatihan Customer Excellence pada tanggal 14 Januari 2012 bertempat di Gedung Grha Widya dr. Djoko Sedijarto dan akan dilanjutkan pada tanggal 21 Januari 2012. Pelatihan Customer Excellence diisi narasumber Hary Sumarsono, S.Pd, HR & OD Director Corporate Secretary pada PT Tiga Serangkai Inti Corpora. Hary Sumarsono, S.Pd menyampaikan bahwa ada 4 standar dalam memberikan pelayanan prima.

  1. Berikan senyuman, salam, sapaan yang sopan dan bersahabat kepada pasien.
  2. Bicaralah dengan nada sopan, ramah, dan penuh antusias.
  3. Jawablah pertanyaan dengan cepat dan efektif atau ambil tindakan yang benar dan bertanggung jawab untuk mencari jawaban tepat.
  4. Antisipasi kebutuhan pasien dan selesaikan keluhan pasien sampai tuntas.

Pada pelatihan tersebut para peserta pelatihan diminta untuk melakukan praktik simulasi dan demonstrasi  sebagai aplikasi dari pengetahuan tentang pelayanan prima. Praktik dan materi tentang pelayanan prima yang diperoleh dalam pelatihan tersebut diharapkan dapat diterapkan dalam pelayanan sehari-hari di RS Paru dr. Ario Wirawan. Dengan demikian, pemberian pelayanan prima sebagai salah satu bentuk komitmen bersama dapat mewujudkan RS Paru dr. Ario Wirawan menjadi lebih baik dan membanggakan. ( Priscilia_SIMRS )

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel