Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Emergency Nursing Sebagai Langkah Antisipatif Dalam Menghadapi Perkembangan Yang Cepat Berubah

Dengan melihat perkembangan yang sangat cepat berubah dan sebagai langkah antisipatif di bidang keperawatan, maka RS Paru dr. Ario Wirawan menyelenggarakan Pelatihan Emergency Nursing pada tanggal 20 s.d 23 Februari 2012. Dalam pelatihan ini, RS Paru dr. Ario Wirawan menghadirkan Tim Emergency Nurcing dari Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, antara lain Abu Bakar, S.Kep Ners; Purwo Suwignyo, S.Kep Ners; dan Rosita, S.Kep Ners.

Pelatihan Emergency Nursing merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus diselenggarakan oleh setiap rumah sakit di Indonesia. Hal ini disebabkan kondisi geografis Indonesia yang terletak dalam ring of fire dan zona aktif gunung berapi sehingga di Indonesia sering terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan bencana lain termasuk Emergency Infection Disease ( EID ).

Berbagai bencana alam yang terjadi tentu saja berdampak pada kerusakan ekologi atau kedaruratan berskala besar yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan lain yang memerlukan penanganan darurat.

Penanganan gawat darurat adalah tindakan pertolongan yang cepat dan tepat untuk mencegah kecacatan dan kematian. Oleh karena itu, dalam Pelatihan Emergency Nursing diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana menemukan penderita dengan cepat, meminta pertolongan dengan cepat, dan memberikan pertolongan yang berkwalitas dan cepat. Selain pengetahuan dan keterampilan tersebut, diperlukan juga kesiapan yang optimal IGD dan sistem pelayanan gawat darurat terpadu antara fasilitas kesehatan yang satu dengan lainnya sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Setelah mengikuti Pelatihan Emergency Nursing, diharapkan para perawat RS Paru dr. Ario Wirawan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna mengembangkan rumah sakit menjadi lebih baik dan membanggakan, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel