Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Peningkatan Kemampuan Teknis dan Persamaan Persepsi Tim Tentang Implementasi Pengembangan Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Khusus

Pada tahun 2012 akan mulai diterapkan sistem akreditasi dengan standar internasioal ” Joint Commission International of Acreditation ” ( JCI ) di rumah sakit di Indonesia. Sistem akreditasi ini bertujuan menjamin masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang aman dan berkwalitas.

Kwalitas pelayanan kesehatan dapat dinilai dari penyelenggaraan rumah sakit, misalnya pelayanan keperawatan. Untuk meningkatkan kemampuan teknis pelayanan keperawatan rumah sakit khusus, maka diselenggarakan Kegiatan Peningkatan Kemampuan Teknis dan Persamaan Persepsi Tim Tentang Implementasi Pengembangan Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Khusus pada tanggal 26 s.d 31 Maret 2012 bertempat di Hotel Le Beringin Salatiga. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Direktorat Keperawatan dan Keteknisian Medik Kementerian Kesehatan RI, dr. Hasto Nugroho, SP.P, dan Sri Haryanti, S.Kep.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan bahwa pelayanan keperawatan merupakan salah satu pilar utama dalam penyelenggaraan rumah sakit. Pelayanan keperawatan diberikan oleh perawat yang mempunyai kompetensi keperawatan dalam melakukan praktik keperawatan dan didukung oleh fungsi manajemen pelayanan keperawatan. Agar dapat memberikan kontribusi positif bagi rumah sakit khusus, terdapat beberapa pedoman dan standar tentang pelayanan keperawatan yang telah diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI, antara lain :
1. Standar Pelayanan Keperawatan Paru dan Respirasi.
2. Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Khusus.
3. Sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan Profesional ( SP2KP ).
4. Pengembangan Manajemen Klinik.
5. Pengelolaan Tenaga Melalui Pola Karir Perawat.
6. Pedoman Bimbingan Teknis Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Khusus.
7. Pedoman Komite Keperawatan.
8. Pedoman Indikator Klinik Keperawatan sebagai Standar Kwalitas Asuhan Keperawatan.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel