Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Penyusunan Struktur Organisasi dan Tata Kerja ( SOTK ) Tiga Rumah Sakit Paru Vertikal

Dalam suatu perusahaan atau organisasi tentu ada direktur, manajer, dan staf. Staf berada di bawah manajer dan mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada manajer. Manajer berada di bawah direktur dan mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada direktur. Inilah yang disebut sebagai struktur organisasi. Struktur organisasi menggambarkan secara jelas pemisahan kegiatan antara satu bagian dengan bagian lain, hubungan aktivitas, dan pembatasan fungsi tersebut karena di dalam suatu struktur organisasi mencakup spesialisasi kegiatan kerja, standardisasi kegiatan kerja, koordinasi kegiatan kerja, dan besaran seluruh organisasi.

Struktur organisasi ada kalanya perlu dilakukan perubahan dan evaluasi atau disebut dengan restrukturisasi organisasi. Restrukturisasi organisasi dilakukan karena adanya perubahan lingkungan yang mendorong organisasi beradaptasi dan berperan lebih aktual.

Mengingat perubahan lingkungan dan tuntutan dari pihak luar, saat ini Rumah Sakit Paru perlu melakukan perubahan dan evaluasi organisasi agar dapat mengikuti perubahan serta mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pertemuan untuk membahas Penyusunan Struktur Organisasi dan Tata Kerja ( SOTK ) Tahun Anggaran 2012 diadakan oleh Tiga Rumah Sakit Paru Vertikal, di antaranya RS Paru dr. HA Rotinsulu Bandung, RS Paru dr. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor, dan RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga.

Pertemuan Penyusunan SOTK dilaksanakan tanggal 30 s.d 31 Mei 2012 bertempat di Banaran 9 Resort, Kabupaten Semarang. Mengawali pertemuan Penyusunan SOTK diadakan dialog dengan Dr. drg. Nurshanty Saddia Andi Sapada, M.Sc., Sesditjen BUK Kemenkes R.I mengenai beberapa kendala yang dihadapi Rumah Sakit Paru, di antaranya penempatan staf sesuai dengan kompetensi, efisiensi pengeluaran, penyusunan tarif untuk kelas 2 ke atas karena tarif kelas 3 oleh Casemix Center, kesulitan pengembangan SIMRS, dan masih banyak hal lainnya. Dalam kesempatan ini, Sesditjen BUK Kemenkes R.I melakukan kunjungan ke RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga untuk mengenal lebih dekat tentang pelayanan rumah sakit ini.

Dengan diadakannya pertemuan Penyusunan SOTK di Tiga Rumah Sakit Paru Vertikal diharapkan struktur organisasi dapat disusun sesuai standar, tata hubungan kerja antarbagian dapat sinkron, serta struktur organisasi yang disusun efektif dan efisien. Dengan demikian, visi, misi, dan tujuan dari tiap-tiap Rumah Sakit Paru dapat tercapai.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel