Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


Peringatan TB Day 2015 di Jalan Lingkar Salatiga

16863387659_eb95f3770f_z

TB yang dulu dikenal dengan TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Sebagianbesarkuman TB menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ atau bagian tubuh lainnya (misalnya :tulang, kelenjar, kulit, dll). TB dapat meyerang siapa saja, terutama usia produktif/masih aktif bekerja (15-50 tahun) dan anak-anak. TB dapat menyebabkan kematian. Apabila tidak diobati, 50% dari pasien TB akan meninggal setelah 5 tahun. TB bukan penyakit turunan, bukan disebabkan oleh kutukana taupun guna-guna.

Untuk mengenang jasa Dr. Robert Koch yang mengumumkan penemuan kuman penyebab TB “Mycobacterium Tuberculosis” pada tahun 1882 yang kemudian diperingati sebagai hari TB Se Dunia.   Setiap tanggal 24 Maret.

RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga sebagai rumah sakit dengan visi  “Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Paru dan Pernapasan Terpercaya“, tidak ketinggalan untuk ikut serta dalam peringatan TB Day 2015. Diprakarsai dr. Hasto Nugroho, Sp. P sebagai ketua panitia, mengadakan layanan kesehatan  gratis kepada masyarakat Salatiga serta menyajikan beberapa hiburan di  Jalan Lingkar Salatiga pada hari Minggu, 5 April 2015. Layanan kesehatan tersebut meliputi tensi, konsultasi kesehatan langsung oleh  para dokter dan spirometri (pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur secara obyektif kapasitas/fungsi paru (ventilasi) pada pasien dengan indikasi medis).

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel