Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


PERINGATI HARI TBC SEDUNIA “AWASI, TEMUKAN, DAN OBATI PASIENNYA”

 

Salatiga (23/3) – Acara senam bersama sebagai Peringatan TB Tingkat Kota Salatiga dilaksanakan di  halaman Kantor Pemerintah Kota Salatiga (23/3) , diikuti setidaknya 600 orang dari berbagai unsur seperti kader kesehatan kelurahan dan kecamatan, perwakilan dari sekolah, PNS di lingkungan Pemkot Salatiga. RSPAW mengirimkan 10 orang untuk ikut serta menyemarakkan acara yang mengangkat tema “Peduli TBC, Indoneisa Sehat dengan melakukan aksi Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TB).

Acara yang dimulai pukul 06.30, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa dan pelepasan burung merpati serta  amanat  Walikota Salatiga yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Salatiga, Adhi Isnanto, S.Sos, M.Si.  Dalam amanatnya, Adhi mengatakan bahwa penanganan TBC tidak dapat dilakukan oleh sektor kesehatan semata, tetapi perlu adanya komitmen multisektoral serta mengajak semua komponen masyarakat untuk menanggulangi TBC sehingga target Indonesia Bebas TB tahun 2050 dapat dicapai. Ditegaskan pula,  komitmen bersama untuk menanggulangi TBC  harus dilakukan bersama dan menempatkan Isu TBC sebagai isu utama di semua sektor.

 

Peran keluarga dapat memberi dorongan terhadap kepatuhan pasien untuk minum dan menelan obat dengan teratur.

 

TBC dapat diobati dan dapat disembuhkan. Tetapi bila pengobatan TBC tidak dilakukan dengan tepat maka kuman TBC akan menjadi kebal terhadap pengobatan. Mari kita cegah bersama. (humas_rspaw)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel