Berita


PERSAGI AJAK WARGA SALATIGA SADAR GIZI

Salatiga (29/1),Selasar Kartini Salatiga Minggu pagi 27 Januari 2019 sejak pkl.06.30 diramaikan oleh warga yang antusias menyemarakkan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 59 yang diselenggarakan oleh Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI) Salatiga. Kegiatan dilaksanakan sesuai arahan Dewan Pimpinan Pusat PERSAGI agar setiap kota/ kabupaten mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat dan tahun ini mengusung tema: Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Stunting, dengan memberikan  konseling Gizi dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Senam bersama mengawali acara pemeriksaan kesehatan gratis dan konseling gizi pagi itu. Selain warga sekitar Kota Salatiga, mahasiswa gizi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) pun turut membanjiri acara tersebut. Ahli gizi dari RSPAW diwakili oleh Vitta Galih Aria Cita, S.Gz dan Heni Triswati, AMG bersama rekan- rekan sejawat, bukan hanya melakukan pemeriksaan status gizi, pengukuran lemak tubuh, cek gula darah, kolesterol dan asam urat yang diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, tak ketinggalan suguhan buah dan minuman sehat yang menyegarkan. Antrian panjang kisaran 250 orang tidak mengurungkan niat, karena masyarakat dapat menyaksikan video edukasi gizi, brosur, display contoh aneka menu makanan sehat, sehingga slogan ‘Isi Piringku’ yang digencarkan oleh Kementerian Kesehatan dapat dilihat contohnya secara langsung. Isi piringku adalah makanan yang terdiri dari sumber karbohidrat, lauk hewani, lauk nabati dan sayur sesuai dengan porsi yang dianjurkan.

Selain PERSAGI, beberapa pihak turut membantu dalam penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya gizi dalam kehidupan agar terwujud Indonesia sehat dan produktif, sebagaimana penuturan dari ketua PERSAGI Salatiga sekaligus ketua panitia, Sri Sulistyaningsih, S.Gz., RD.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Artikel

  • NUTRISI SEIMBANG SAAT PUASA RAMADHAN NUTRISI SEIMBANG SAAT PUASA RAMADHAN
    April 15th, 2021 by
    Oleh Vitta Galih Ariacita, S.Gz Puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat puasa (Abdul Wahid, Ramli, 2017). Puasa Ramadhan merupakan