Berita


RSPAW 84 Tahun Melayani Tak Henti Berinovasi

 

Salatiga (27/9) – Komitmen bersama menuju zona integritas  yang dilaksanakan pada hari Rabu, 26 September 2018 bertempat di gedung Diklit Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga adalah salah satu rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke- 84 Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga atau lebih dikenal RSPAW. Selain dihadiri oleh Direksi, karyawan dan tamu undangan, berkenan hadir Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg.Oscar Primadi,MPH. Bersamaan dengan acara tersebut dicanangkan komitmen bersama menuju zona integritas dan kantor Berbudaya Hijau dan Sehat/ BERHIAS.

Direktur Utama dr. Suryo Purhananto, M.Kes berpesan dalam sambutannya untuk menjadikan RSPAW lebih maju dan berkembang, kita laksanakan tugas sesuai dengan rambu-rambu, tingkatkan koordinasi dan inovasi. Ucapan terimakasih disampaikan selain kepada karyawan yang hadir, Irjen Kemenkes beserta Tim, juga kepada perwakilan dari Kejaksanaan Negeri Salatiga. Mewakili Kajari, Kasi Pidsus, Nizar Febriansyah,SH menyampaikan dalam sambutannya,siap diminta pendapat dan konsultasi dalam rangka pencegahan tindak korupsi di RSPAW.

Dalam acara tersebut drg. Oscar menyampaikan paparan materi tentang Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani/ WBBM dengan moderator Inspektur I Edward Harefa,SE,MM,Cfra,QIA. Beliau menyampaikan, sejak tahun 2012 Kemenkes telah menerima 5 kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian/ WTP. Kemenkes telah melangkah pada track yang betul, maka pembangunan zona integritas di satuan kerja merupakan langkah reformasi birokrasi. Maka komitmen pimpinan sangat diperlukan dalam mendorong proses tersebut. Yang tidak kalah pentingnya tingkatkan layanan publikasi program inonasi dan Itjen Kemkes akan selalu mengawal dari perencanaan sampai monitoring.

Sekelumit cerita sejarah RSPAW yang sebelumnya bernama RSTP Ngawen ini berdiri pada tahun 1934. Kondisi udara yang sejuk pada ketinggian  kurang lebih 800 meter dari permukaan air laut dengan suhu udara berkisar antara 18 – 29  C dilereng gunung Merbabu mendukung untuk pemulihan kesehatan penderita paru yang pada masa itu lebih banyak didominasi oleh warga keturunan Belanda dan dikenal dengan sanatorium. Memasuki masa penjajahan Jepang sudah  mulai  dimanfaatkan  oleh  warga  negara   Indonesia (pribumi), meskipun pada saat itu pemberian pelayanan kesehatan belum juga dilaksanakan. Tahun 1952 meskipun masih dengan sebutan sanatorium, mulai diberikan pelayanan oleh tenaga dokter, paramedis, dan peralatan untuk pengobatan penyakit TBC.

Pada tahun 2009 Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga menjadi Rumah Sakit Khusus Kelas A, sehingga dapat lebih fleksibel dalam melaksanakan pengelolaan keuangan, peningkatan dan pengembangan pelayanan guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara paripurna. Kini  84 tahun melayani dengan predikat dari KARS lulus predikat Paripurna yang ke dua yang berlaku sampai 24 Oktober 2020 dan telah banyak  karyawan yang purna tugas, mengabdikan tenaga dan pikiran untuk kemajuan bersama, seperti halnya Agus Suparno, staff Instalasi Washray yang purna tugas setelah  36 tahun berkarya menutup acara siang itu. (humas_rspaw)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Artikel

  • NUTRISI SEIMBANG SAAT PUASA RAMADHAN NUTRISI SEIMBANG SAAT PUASA RAMADHAN
    April 15th, 2021 by
    Oleh Vitta Galih Ariacita, S.Gz Puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat puasa (Abdul Wahid, Ramli, 2017). Puasa Ramadhan merupakan