Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


RSPAW Besama BKKI dan PMI Kota Salatiga Giatkan Donor Darah

Salatiga (25/4) – Semakin meningkatnya permintaan darah, RSPAW bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga, kembali mengadakan kegiatan donor darah yang telah berlangsung di Pendopo R. Dahlia I (24/4). Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan setiap tiga bulan ini mendapat antusias yang tinggi tidak hanya datang dari karyawan/karyawti RSPAW tetapi juga pengunjung dan keluarga pasien.

Kegiatan ini memberikan juga manfaat kepada pendonor yang bersedia mendonorkan darahnya, memeriksakan kesehatan secara teratur (donor darah dilakukan 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi dan berat badan, pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, terutama pada laki – laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat juga membakar kalori dalam tubuh.

“Saat ini simpanan darah untuk golongan darah B yang menipis, jadi dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat membantu bagi yang membutuhkan golongan darah B”, ujar salah satu tenaga medis dari PMI.

Acara yang diusung oleh Badan Kerohanian Keagamaan Islam ini  diharapkan agar bisa dilaksanakan lebih rutin lagi disampaikan Ketua BKKI, dr. Arif Kurniawan. Lebih lanjut dr. Arif Kurniawan  mengingatkan kepada para pendonor yang mendaftarkan dirinya agar menghindari hal-hal yang bisa membatalkan pendonor darah untuk mendonorkan darahnya. Dengan harapan target pencapaian pendonor bisa lebih banyak lagi dan sasaran pendonor sehat dapat diwujudkan. (humas_rspaw)

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel

  • Kenali Gejala Gangguan Jiwa Sejak Dini Kenali Gejala Gangguan Jiwa Sejak Dini
    September 20th, 2018 by
    Oleh: dr.Iffah Qoimatun Sp.KJ,M.Kes RS Paru dr.Ario Wirawan Salatiga. Kerabat paru salam sehat,sosialisasi ini bertujuan untuk menjaring masyarakat yang mempunyai kelainan jiwa . Diharapkan dengan sosialisasi ini kelainan jiwa ringan