Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Berita


RSPAW Gelar Seminar Peringati HKN KE-55


Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -55 dengan menggelar kegiatan lomba2, seminar , wisuda pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Tuberkulosis Resisten Obat / TB RO serta promosi kesehatan dengan pembagian brosur tentang kesehatan paru di sepanjang Jln.Sukowati Salatiga yang dilaksanakan Selasa (12/11/2019). Seminar yang diadakan di Gedung Diklit RSPAW dibuka oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Salatiga, Muh Haris, M.Si, didampingi Direktur Utama Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga/ RSPAW dr. Farida Widayati,M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh dr. Anastasia Tri Yuli Susanti Kasi Pelayanan serta para Direksi RSPAW.
Dalam sambutannya Wawali menyampaikan bahwa kita harus optimis untuk melaksanakan komitmen dalam mencapai Indonesia bebas TB di tahun 2035 serta ulang tahun emas Indonesia tahun 2045. Berkenaan dengan itu Wawali berkenan menyerahkan sertifikat sembuh bagi 28 Pasien TB RO yang telah dinyatakan sembuh setelah berhasil melampaui pengobatannya dengan tekun dan sabar serta menjalani berbagai tes laboratorium selama kurang lebih 22 bulan.
Dalam acara tersebut, dokter Farida sebagai Direktur Utama menyampaikan apresiasi kepada mantan pasien yang dinyatakan telah sembuh dari TB RO. “ Selamat kepada para mantan pasien, tetaplah menjaga kesehatan dengan memperhatikan gizi agar tidak tertular” demikian pesan Dirut RSPAW.
Seminar yang diikuti oleh 140 tenaga kesehatan yang bekerjasama dalam jejaring penanganan TB RO wilayah Jawa Tengah serta tenaga kesehatan RSPAW ini mengambil tema “ Update Tatalaksana TBC Resisten Obat “. Materi disampaikan oleh para dokter spesialis paru RSPAW yaitudr. Hasto Nugroho Sp.P(K),MKM, FISR, dr. IGN.Widiyawati,Sp.P,FISR dan dr. Astuti Setyawati,Sp.P. Selain materi tersebut, disampaikan pula bagaimana peran perawat serta diet gizi dalam penatalaksanaan TB RO oleh tenaga kesehatan RSPAW dan juga tata kelola pendampingan pasien dari Aisyah dan PATRIOT (Pejuang Anti TB Resisten Obat). Acara diakhiri dengan pembagian doorprize bagi para peserta yang beruntung.
Selain acara yang digelar hari ini, tim olah raga RSPAW telah memenangkan lomba bola voli putra sebagai juara-3, bola voli putri juara-2 serta badminton ganda putri diikuti oleh beberapa tim ganda putri, merebut juara-1 dan juara-2. Lomba dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan November 2019 bersama dengan institusi kesehatan se Kota Salatiga. Acara puncak peringatan HKN di Kota Salatiga akan dilaksanakan pada hari Jumat ( 15/11/2019) di halaman Kantor DPRD dan Kantor Pemkot Jl. Sukowati Salatiga yang diawali dengan apel luar biasa, parade Germas/ jalan sehat yang diikuti oleh 1000 siswa pelajar SMP dan SMU, gowes Germas dengan 250 peserta pecinta sepeda onthel serta pemeriksaan kesehatan gratis dari seluruh institusi kesehatan di Kota Salatiga. Pada acara tersebut RSPAW akan memberikan layanan spirometri bagi 100 orang pengunjung.
Peringatan HKN ke-55 tahun 2019 Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Tema ini menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif dalam rangka mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel

  • Sekilas Tentang FMEA Sekilas Tentang FMEA
    October 29th, 2019 by
    Failure Mode Effect Analysis (FMEA) adalah salah satu tool yang paling sering digunakan dalam praktek perbaikan performa dalam bisnis, dan merupakan teknik yang pertama diciptakan untuk mengidentifikasi dan menganalisa kesalahan