Rumah Sakit Paru Dokter Ario Wirawan Salatiga

Akreditasi, Berita


Survei Simulasi Akreditasi 2013 di RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga

IMG_6525

Akreditasi merupakan bentuk pengakuan yang diberikan pemerintah kepada rumah sakit yang telah memenuhi standar yang ditentukan.  Adanya akreditasi dapat memotivasi peningkatan mutu dan image rumah sakit sehingga bisa meningkatkan posisi tawar dengan pihak ketiga seperti asuransi dan perusahaan.  Sedangkan bagi pasien, akreditasi dapat dijadikan acuan dalam memilih rumah sakit dan jaminan untuk mendapatkan pelayanan yang bermutu.

Dengan adanya perubahan standar akreditasi menjadi berfokus pada pasien, menuntut rumah sakit untuk mempersiapkan diri dengan lebih intens.  Salah satu tahap yang dipersyaratkan agar sebuah rumah sakit layak memperoleh akreditasi Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) adalah Survey Simulasi. Survey Simulasi ini dilakukan untuk melihat, memeriksa dan mengukur sejauhmana persiapan yang telah dilakukan rumah sakit dalam menghadapi tahap penilaian akreditasi yang sesungguhnya.

Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga, pada tanggal 2 – 4 Desember 2013 telah melaksanakan kegiatan Survei Simulasi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit.  Survei Simulasi ini dilakukan oleh 3 orang Surveyor pembimbing yakni : dr. Ahmad Hardiman, Sp.KJ, MARS sebagai ketua tim, dr. Mary Siti Maryam, MHA, MPhd  dan Dra. Pipih Karniasih, S.Kp, M.Kep.

Survei Simulasi dilakukan dengan cara telusur dokumen untuk mengetahui kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, telusur individu untuk melihat kesesuaian antara pelaksanaan standar prosedur yang telah didokumenkan dan observasi lapangan untuk melihat apakah sarana dan fasilitas kerja telah memenuhi syarat serta menyimak presentasi dari Direktur Utama RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga mengenai program PMKP, MDGs, FMEA, dll.

Setelah Survei Simulasi ini selesai, surveyor pembimbing akan menyusun laporan hasil Survei dan sekaligus memberikan rekomendasi kepada RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga tentang rentang waktu untuk dilakukannya Survei Akreditasi yang sesungguhnya.  Apapun hasil yang diperoleh dari survey ini akan menjadi motivasi bagi seluruh karyawan RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga untuk bekerja lebih keras lagi guna melengkapi dan membenahi hal-hal yang dipersyaratkan,  agar tercapai Akreditasi yang Paripurna… Semoga… Amin.

by : ina_sekretariat_akred.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Akreditasi

Artikel