Kualitas pelayanan terhadap konsumen merupakan salah satu indikator pada kepuasan pelanggan karena dengan memberikan pelayanan yang baik, konsumen akan merasa nyaman. Faktor –faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan seperti kecepatan, ketepatan dan keramahan customer service harus senantiasa diupayakan agarmenjadi sebuah komitmen yang berkelanjutan.

Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga,bekerjasama dengan Tim Service Excellent Bank Mandiri Salatiga , mengadakan pelatihan bagi pegawai RSPAW selama 3 kali pertemuan, yaitu pada tgl 20 Juni, 14 Juli dan 18 Agustus 2022.

Pelatihan diikuti oleh pegawai di bagian IGD ( dokter, perawat), petugas pendaftaran, kasir portier,dan security.

Materi yang diberikan tentang standar performa, bagaimana bersikap saat menerima pelanggan, melayani dengan ramah, empati terhadap apa yang sedang dirasakan pelanggan dan bagaimana respon pegawai ketika mengadapi komplain/ keluhan dari pelanggan. Trainer juga wanti-wanti, harus bijak dalam menggunakan smartphone saat bekerja, karena dapat menimbulkan penilaian negatif dari pelanggan.

Peserta diwajibkan mengisi pre dan post test sebagai bahan evaluasi, indikator keberhasilan pemahaman atas materi yang telah diberikan.

Pada sesi terakhir peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan  beberapa materi yang telah diberikan, secara berkelompok. Semoga komitmen-komitmen yang telah ditulis oleh para peserta dapat sungguh diimplementasikan selama bekerja, sehingga RSPAW menjadi primadona layanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Similar Posts